INTERNASIONAL

Wow, Kandidat Kuat Pemilu Belanda Ternyata Keturunan Sukabumi

HAAG — Hari ini Rabu (15/3) 2017 Belanda melaksanakan pemilu nasional. Kandidat terkuat pemilu Belanda ternyata keturunan Indonesia. Ialah, Geert Wilders, politikus 53 tahun yang anti Islam.

Diketahui, ibu Geert Wilders merupakan keturunan Indo-Belanda asal Sukabumi, namun ia pindah ke Belanda saat masih kecil.

Wilders dibesarkan di Kota Limburg, yang merupakan wilayah perbatasan Belgia dengan Jerman. Meski tumbuh sebagai keluarga pendatang, Wilders sangat anti terhadap pendatang dan Islam.

Bahkan ibu Wilders sendiri menentangnya. Hal itu diketahui setelah kakak Wilders, Paul melakukan wawancara dengan Daily Mail.

“Ibu saya tak akan mau memilih partai Geert Wilders karena ia mengkambinghitamkan muslim untuk kepentingan politiknya,” kata Paul.

Kandidat tandingan Wilders, Jesse Klaver juga merupakan keturunan Indonesia. Ibu Klaver berdarah Indonesia dan ayahnya berasal dari Maroko.

Pemimpin partai ekologis kiri Groenlinks tersebut juga disebut sebagai Obama Belanda. Kebijakan-kebijakannya sangat bertentangan dengan Wilders.

“Di Belanda, kita harus menunjukkan bahwa populisme kanan bisa dihentikan, dan ada alternatinfya. Alternatifnya adalah kita bagaimana bersikap terbuka dan toleransi.

Kandidat lain ialah inkumben perdana menteri Belanda, Mark Rutte. Dia dikenal sebagai politikus sederhana. Sampai saat ini, ia masih menggunakan mobil dan telepon seluler tua dan masih tinggal di apartemen yang dibelinya setelah lulus dari Universitas Leiden. (Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top