KILAS SEMARANG

Unisbank Semarang Perkuat Pendidikan Berkarakter

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Prof Dr DYP Sugiharto M Pd Kons mengatakan, konflik sosial, terorisme, penggunaan narkoba dan aksi mahasiswa yang anarkis salah satu faktor penyebabnya terjadi karena minimnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan.

“Bahkan, sejak menjadi mahasiswa mereka jarang sekali mendapatkan pengetahuan ataupun pendidikan yang menanamkan jiwa pancasila dan cinta kebangsaan,” katanya, Selasa (14/3).

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng itu saat memberikan materi pendidikan berkarakter terhadap 240 aktifis atau pengurus organisasi kemahasiswaan di Kampus Unisbank, Jalan Kendeng V Bendan Ngisor, Semarang.

Menurut dia, karena jauh dari aktifitas kegiatan mahasiswa yang bernilai positif, banyak mahasiswa yang akhirnya menjadi pengguna narkoba ataupun kekerasan dalam berpacaran.

“Inilah yang kemudian juga menyebabkan menurunnya prestasi mahasiswa.  Kedisiplinan adalah hal utama yang harus dilatih sejak mahasiswa, tanpa melatih kedisiplinan sejak dini metode pendidikan apapun akan sulit tercapai,” terangnya.

Rektor Unisbank Semarang, Dr H Hasan Abdul Rozak SH CN MM mengatakan, pendidikan berkarakter ini merupakan tahap awal untuk membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan yang sebelumnya telah terpilih dan dilantik.

“Mudah mudahan dengan terus menanamkan pendidikan berkarakter ini, mahasiswa mampu menyumbangan gagasan dan pemikiran untuk kemajuan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang yang diwakili Wakasat Binmas Kompol Maulud S,Ag menuturkan, bahwa Forum Kemitraan Polisi Masyarakat dan Mahasiswa (FKPMM) yang sudah ada di Unisbank Semarang, dapat lebih ditingkatkan untuk berperan.

“Berperan dalam menyelesaikan konflik sosial masyarakat. Mahasiswa dapat bermitra dan membantu kepolisian, agar tidak semua kasus hukum dibawa ke ranah hukum,” jelasnya. (*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top