KILAS SEMARANG

Tiket KA untuk Mudik Lebaran, Sudah Bisa Dipesan Sekarang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Masyarakat yang sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman, merayakan lebaran dengan menggunakan moda transportasi kereta api, tiket mudik sudah dapat dibeli mulai 17 Maret 2017.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, mengatakan sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan yang diterapkan PT KAI untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang sudah merencanakan perjalanan sejak jauh hari.

“Pembelian tiket mudik (untuk Lebaran) yang jatuh pada tanggal 25-26 Juni tahun ini, dibuka mulai tanggal 17 Maret. Pembelian tiket dilayani di channel internal dan eksternal kami,” kata Edi saat melakukan inspeksi angkutan lebaran di Stasiun Semarang Tawang, Kamis (16/3).

Channel internal KAI yang digunakan untuk pemesanan tiket mudik antara lain website tiket.kereta-api.co.id, contact center 121, aplikasi KAI Access, dan loket stasiun.

Sedangkan untuk pembelian channel eksternal bisa dilakukan melalui agen, loket multi biller, dan minimarket yang telah bekerja sama dengan KAI. Tiket mudik juga bisa didapatkan di situs penjualan tiket dan aplikasi ponsel pintar yang dikelola mitra KA.

Tahun ini, PT KAI menetapkan masa angkutan lebaran selama 22 hari mulai 15 Juni hingga 6 Juli. Edi memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Kamis, 22 Juni 2017 atau (H-3). “Sementara puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu, 1 Juli 2017 atau (H+6),” katanya.

Edi menambahkan, untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan moda transportasi angkutan Lebaran yang sangat tinggi, PT KAI menyediakan 331 perjalanan KA reguler (terdiri dari KA jarak jauh, sedang dan lokal) dengan jumlah seat 200.154 per hari dan 38 perjalanan KA tambahan dengan jumlah seat 21.860 per hari.

“Dengan demikian, total seat yang tersedia selama masa angkutan Lebaran 2017 ini adalah 222.014 per hari atau meningkat 2,1 persen dibanding tahun lalu sebanyak 217.364 seat per hari,” pungkasnya. (Art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top