KILAS SEMARANG

Loenpia Jazz Kembali Digelar Pada Mei Tahun Ini

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Penggemar musik jazz di Kota Semarang kembali akan dihibur dengan penyelenggaraan Loenpia Jazz 2017. Sukses dengan acara di tahun sebelumnya, kali ini Loenpia Jazz  2017 mengusung tema “Mix Culture”.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk ke-enam kalinya ini akan berlangsung pada 20 Mei 2017 bertempat di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang. Acara ini dimotori oleh Komunitas Jazz Ngisoringin, komunitas jazz di Kota Semarang.

Pemilihan TBRS sebagai venue karena merupakan kawasan budaya yang mampu menampung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan berbagai macam kebudayaan di Kota Semarang.

“Semarang sepanjang sejarah dikenal sebagai Kota dengan tradisi peranakan yang kuat, berbagai jenis dan asal budaya ada disini. Maka dari itu, kami menentukan tema Loenpia Jazz 2017 yaitu Mix Culture,” kata Steering Committee Loenpia Jazz 2017, Agung Bagus Armianto di Hotel Ibis Jalan Gajahmada, Semarang, kemarin.

Ia mengungkapkan, Loenpia Jazz  2017 pada pelaksaanya merupakan festival yang tidak hanya menampilkan pertunjukan musik saja, namun juga menggabungkan dengan kesenian lain seperti seni rupa, seni tari, seni teater dan seni lainnya.

“Hal ini yang mendorong kami ingin merepresentasikan dan menegaskan kembali fungsi TBRS sebagai kawasan budaya yang menampung berbagai kegiatan seni di Kota Semarang,” katanya.

Pada Loenpia Jazz 2017, lanjut dia, panitia juga akan membagi kawasan TBRS menjadi 4 zona yaitu Zona Raden Saleh (seni Rupa), Zona Ki Narto Sabdo (Seni Wayang Kulit), Zona Ngesti Pandhawa (Seni Wayang Orang) dan Zona Gambang Semarang (Seni Tari).

“Pembagian zona ini dimaksudkan untuk mewakili keberagaman jenis budaya di Kota Semarang. Kami sebagai komunitas dalam bidang seni musik merasa mempunyai tanggung jawab untuk mengkolaborasikan berbagai jenis budaya tersebut melalui festival musik jazz,” pungkasnya. (Art)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top